Peserta Seminar Parenting di SMP Xaverius 1 Bandar Lampung antusias mengikuti hingga selesai

Pada hari Sabtu yang lalu, tepatnya tanggal 22 Februari 2020, SMP Xaverius 1 Bandar Lampung menyelenggarakan seminar parenting untuk para orang tua. Seminar ini diperuntukkan bagi orang tua siswa SMP Xaverius 1 Bandar Lampung, walaupun pada akhirnya ada juga orang tua dari sekolah lain berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini bisa terselenggara atas kerjasama antara sekolah dan orang tua, dengan dimotori oleh guru bimbingan konseling dan beberapa orang tua siswa. 

Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB dan baru selesai lewat tengah hari, rupanya sangat menarik. Terlihat dari antusiasme peserta mengikuti kegiatan tersebut. Walaupun waktu selesainya kegiatan telah melewati rencana awal, tidak ada satupun peserta yang meninggalkan acara. Sebagai nara sumber adalah Bapak Kuriake Kharismawan, S.Psi., M.Si.. Beliau adalah seorang psikolog yang juga sering memberikan seminar-seminar diberbagai daerah. Ayah dua anak ini, kesehariannya adalah dosen psikologi  Universitas Soegijapranata, Semarang. 

Dalam paparannya, Bapak Kuriake memberikan materi terkait dengan perkembangan anak-anak remaja dan ciri-cirinya. Selain itu, beliau juga menyoroti bagaimana kita, sebagai orang tua juga harus bijak dalam memberikan fasilitas gawai kepada anak-anak. Dengan gayanya yang atraktif, para orang tua diberi pemahaman dan juga motivasi bahwa gawai tidak mungkin dihindari pada masa-masa sekarang, karena hal itu sudah menjadi kebutuhan hidup saat ini dan ke depan. Semua aspek kehidupan sekarang sudah memanfaatkan perkembangan teknologi. Banyak hal sekarang bisa dilakukan dengan dengan aplikasi yang ada disebuah gawai. Jadi rasanya tidak mungkin orang tua bersikap frontal terhadap keberadaan gawai. Orang tua harus lebih bijak menghadapi dan mendampingi anak-anak jaman milenial ini. Tidak mungkin pola-pola pendampingan anak seperti masa lalu diterapkan pada anak-anak sekarang, karena memang jaman sudah mengalami perubahan. 

Banyak hal yang disampaikan kepada orang tua. Tetapi karena metode penyampaiannya sangat menarik, membuat para peserta seperti tidak menyadari bahwa waktu seminar parenting harus diakhiri. Kegiatan ini ditutup oleh Bapak Edi Kristanto selaku kepala sekolah. Dalam pesannya, beliau menyampaikan bahwa orang tua punya peranan vital dalam mendampingi anak-anaknya. Kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua merupakan kebutuhan yang harus terus ditingkatkan. Semoga kegiatan ini memberi manfaat untuk orang tua dan juga sekolah.